Simplified

mulai dari yang paling sederhana

Semboyan Ki Hajar Dewantara

with 32 comments

Semenjak masih duduk di bangku SD sampai sekarang, saya masih ingat sekali semboyan dari Ki Hajar Dewantara berikut ini:

  • Ing Ngarso Sungtulodo
  • Ing Madya Mangunkarso
  • Tut Wuri Handayani

Semboyan itu menggambarkan peran seorang guru atau pendidik dalam dunia pendidikan. Kumpulan peran yang cukup lengkap, yaitu: menjadi teladan, memberikan semangat, dan memberikan dorongan. Luar biasa sebenarnya seorang guru itu, bila dimaknai dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan berpengaruh sangat bagus kepada anak didiknya.

Dari ketiga semboyan tersebut yang paling banyak kita kenal sekarang adalah Tut Wuri Handayani, biasanya tertulis di topi siswa SD sampai dengan SLTA. Tapi sampai sekarang saya tidak tau (entah lupa atau tidak pernah tahu) kenapa yang lebih populer semboyan Tut Wuri Handayani (dari belakang mendorong) bukan Ing Ngarso Sungtulodo (dari depan memberikan teladan) ataupun Ing Madya Mangunkarso (dari tengah memberikan semangat) atau kenapa tidak ketiga-tiganya dipopulerkan? Ada yang tahu?

Anyway ikut mengucapkan: “Selamat Hari Pendidikan Nasional”, sudah saatnya pendidikan dan pendidik dihargai dan mengambil peran yang semestinya. Bukan karena apa-apa, tapi karena pendidikan adalah investasi utama suatu negara atau seseorang untuk maju.

About these ads

Written by rakhmawan

May 2, 2008 at 2:26 pm

Posted in Pendidikan

Tagged with

32 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. barangkali karena sistem pendidikan yang diajarin ke murid-murid itu tidak untuk tampil, berani memberikan pendapat, atau sejenisnya, jadinya anak2 malah pasif saja.

    anton

    May 2, 2008 at 2:39 pm

  2. weLeh paK hendRa…apakabaR neH? auheuhae..Lama taK beRsua ya… Lagi iseng bLog waLking neh, ternyata beRtemu dengan teman Lama.. siLahkan diLink y… ^^

    oKKy

    May 4, 2008 at 3:07 am

  3. cerdas n kritis! bener juga ya… gara2 filosofi itulah orang2 kita jadi orang yg cuma ngikut2 aja, ngedukung2 aja, tanpa mau mempelopori…

    errick

    May 4, 2008 at 11:44 am

  4. weiss, alste semua nih yang komen :D
    mantabh-mantabh

    anton

    May 5, 2008 at 1:20 pm

  5. ndra piye TA?

    Nanta

    May 7, 2008 at 10:59 pm

  6. nice post :)

    nexlaip

    May 10, 2008 at 8:10 am

  7. Ndra, besok BBM naik (24 Mei 2008!) nggak jadi 1 Juni 2008. wis tuku bensin full durung, kowe? jadi 6000, bo?

    btw, anggaran pendidikan sekarang makin dipotong aja. Tadi juga habis lihat berita. Wah, payah ni.
    Tapi berita2 negatif berdasarkan statistik itu bener apa, gak, ya?

    Ari Kuncoro

    May 22, 2008 at 3:44 pm

  8. ndra, add ke blogroll ku ya.
    tp, msh cupu, underconstruction

    thx

    Andjas

    June 5, 2008 at 3:51 pm

  9. Aku ingatnya karena sering kluar di soal ulangan waktu SD hehe…..

    Rita

    June 11, 2008 at 6:29 am

  10. ndra, sukses TA-ne yo…

    mampir y k rumahku yang baru, selain di blogspot,,

    di sini,,

    http://antonthegreat.wordpress.com/

    sekalian ta’link juga blogmu… :) :) :)

    Anton

    August 24, 2008 at 10:38 pm

  11. pertanyaan kritis yg cerdas, mas :) memang sepantasnya hal itu ditanyakan, hanya orang2 tidak pernah terpikir utk menanyakan itu. memngapa yg lebih populer hanya penggalan “tut wuri handayani”
    taanyaaa kenapaaa?
    saya juga belum tahu

    Kang Nur

    September 4, 2008 at 6:01 pm

  12. “doktrin” pas sd, dan ga perna mikirin.. iya ya, kenapa ya -_-’

    danasatriya

    September 21, 2008 at 6:30 pm

  13. Seandainya para caleg, jika akhirnya terpilih melaksanakan semboyan yang dikemukakan oleh Ki Hadjar Dewantara, maka tidak akan terjadi penyimpangan-penyimpangan yang tidak perlu dan memalukan seperti yang terpampang sekarang ini, semoga, amin.

    haroe sri sadono

    February 14, 2009 at 8:58 pm

  14. maju terusssss jangan mundur,,……
    hidup ki Hadjar dewantara,……?
    maatilah para pemerkosa hak-hak rakyat

    jasmadi

    November 10, 2009 at 6:26 pm

  15. karena guru hanya membimbing/mendorong dari belakang jadi tut wuri handayani biasa dipopulerkan di kalangan pelajar,gitu menurut aq

    ito

    May 13, 2010 at 3:16 pm

  16. hdup kihajar dewantara hdp pendidikan

    dewa

    May 19, 2010 at 10:21 pm

  17. bagaimana mencari arti sebuah pendidikan yang sesungguhnya.., ? apa`kh hnya dengan memberikan materi dan PR.., memberi nilai.., ?
    thanks KI HAJAR DEWANTORO.
    HARDIKNAS 02 MEI 2011.

    Dody syamsul hariyanto

    May 2, 2011 at 3:29 pm

  18. “zaman akhir bljr stnggi tinggi mnkn,smpe2 mau ngsh gelar ja smpe ksulitan, tp pa gunanya xlo akhrny akhlaq msh spt binatang”
    ki Hajar Dewantara… anda memang pejuang pendidikan,&sypun yakin xlo semboyan, dasar, perjuangan pndidikanmu itu sesuai dgn koridor & syari’at islam, so… salam perjuangan!!!

    dennis

    June 1, 2011 at 9:02 pm

  19. Knapa Di Cantumkan Dalam Lambang DEPDIKNAS….?
    Padahal Masyarakat Indonesia Membutuhkan Tauladan…
    Bkan Hanya Orang Yang Bisanya Ngomong Doank dan Mengkritik….

    Diyon

    July 8, 2011 at 10:01 pm

  20. Alangkah Baiknya Qta Tanyakan Ke DEPDIKNAS Ja……? Knapa tidak Ktiga-tiganya yang dicantumkan Dalam Logo DEPDIKNAS……
    Ketika Pendidikan Di Sebuah Negara itu Maju, Secara otomatis Negera itu akan Maju Juga..
    JAS MERAH!!!!!!!!

    Diyon

    July 8, 2011 at 10:11 pm

  21. good

    ocha

    September 4, 2011 at 1:25 pm

  22. can you be silent please ?!

    ocha

    September 4, 2011 at 1:29 pm

  23. munkin TUT WURI HANDAYANI lebih gampang di hapal kalimat nya dari pada yg lain……iya kan !!!! :)

    Nabila Ardiansyah

    October 31, 2011 at 7:05 am

  24. terima kasih kepada pahlawan kita yang telah berjuang untuk melakukan kemerdekaan Indonesia…

    supaya kita lebih menghargai jasa-jasa pahlawan Indonesia yang lainnya……..

    Nailah azizah

    February 22, 2012 at 11:26 pm

  25. makasih ya

    jadi aku bisa tahu..gkduhukum guru lagi dehh

    putri

    March 1, 2012 at 6:58 pm

  26. wah, jadi referensi utama….,
    baca juga “Kenakalan Remaja dan Pergaulan Bebas” di http://www.psychologymania.com/2012/04/kenakalan-remaja-dan-pergaulan-bebas.html

    psychologymania

    April 21, 2012 at 8:07 am

  27. selamat hari pendidikan nasional! :D

    fikry

    May 2, 2012 at 1:15 pm

  28. Artinya aph ?

    Nada SNEP R saklawaze

    March 19, 2013 at 3:51 pm

  29. Menurut saya,
    Seorang guru adalah yang mengajarkan ilmu pengetahuan sebagai bekal bukan pelaku, sedangkan pelaku adalah murid yang menerapkan ilmu pengetahuan.
    Ibarat listrik adalah guru dan bola lampu adalah murid

    Rian

    June 21, 2013 at 7:08 am

  30. jaman sekarang gax ke warne tapi ke rumah
    hahaahah

    destantara

    January 14, 2014 at 7:16 pm

  31. seorang guru berutang budi pada kita jadi kita harus rela terhadap nyawa

    destantara\

    January 14, 2014 at 7:19 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: