Simplified

mulai dari yang paling sederhana

Great Power Comes Great Responsibility

with 4 comments

Pernah melihat film Spiderman? Kalau pernah, pasti tahu judul di atas. “great power comes great responsibility“, meskipun cuma di film tapi menurut saya memiliki makna yang sangat dalam. Kekuasaan, kekuatan, kekayaan berbanding lurus dengan tanggung jawab yang harus diemban. Sebuah filosofi yang idealnya harus dimiliki oleh orang-orang yang diberkahi dan diberi nikmat kelebihan dibanding orang-orang disekitarnya.

Semakin banyak / hebat kelebihan yang dimilikinya berarti semakin besar pula tanggungjawab yang harus dipikul dikarenakan kelebihannya itu. Sebenarnya tidak perlu orang-orang hebat, terkenal, atau pejabat sekalipun untuk memaknai dan meresapi filosofi ini. Setiap orang yang hidup di dunia, pasti dibekali kelebihan-kelebihan tersendiri dibanding orang lain disekitarnya. Saya yakin setiap orang juga punya peran masing-masing yang nggak kalah penting walaupun mereka orang kecil.

Berkaca pada kondisi kepemimpinan di sebagian besar masyarakat kita, pola pikir yang lebih banyak berkembang adalah siapa yang paling kuat maka dialah yang “berkuasa”. Sayangnya hanya sedikit yang kemudian melanjutkan dengan pola pikir “great power comes great responsibility” untuk mengontrol kata “berkuasa” tersebut. Akibatnya kekuasaan hanya dijadikan alat untuk memperkaya diri atau untuk kepentingan bisnis pribadi. Kekuasaan menjadi wahana untuk berkuasa kembali dan mempertahankan kekuasaannya. Idealnya, semakin tinggi kekuatan / kekuasaan harusnya semakin takut dia bila tidak dapat memanfaatkan kekuasaan tersebut untuk melindungi dan mengayomi orang-orang dibawah kepemimpinannya.

Ataukah perlu para pemimpin kita untuk mempelajari filosofi Spiderman tersebut, yang lahir karena menyesal ketika tidak dapat menolong orang yang disayanginya padahal ia punya kekuatan dan kesempatan untuk mencegahnya. Atau menunggu sampai masyarakat di sekitarnya serta cucu-cucunya nanti mendapat getah dari perbuatannya baru memahami bahwa kekuasaan dan kekuatannya itu dapat mencelakakan orang lain bila tidak digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Written by rakhmawan

April 19, 2008 at 6:32 pm

Posted in Sosial & Budaya

Tagged with ,

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Koyo spiderman ae.. Meh dadi spiderman ta ndra ?? :p

    Nanta

    April 19, 2008 at 11:13 pm

  2. @Nanta

    Hihihi.. superhero favourite sejak kecil😀

    rakhmawan

    April 19, 2008 at 11:46 pm

  3. yaah seandainya semua sadar akan tanggung jawab..dan seandainya orang berkuasa ga memanfaatkan kekuasaan untuk memperkaya diri, dijamin Indonesia bakal makmur. Amiiin..
    Ga Perlu spiderman lagi kali ya?hehe

    Godzila

    April 20, 2008 at 9:49 am

  4. @Godzila

    setuju mas.. intinya ada pada tanggung jawab masing-masing individu.. setiap pemimpin atau orang punya peran sendiri-sendiri, yang apabila dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab akan membawa kemaslahatan bagi orang banyak…
    sekali lagi kekuatan atau kekuasaan berbanding lurus dengan tanggung jawab yang harus diembannya..

    rakhmawan

    April 20, 2008 at 10:01 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: