Simplified

mulai dari yang paling sederhana

Install OMNeT++ dan INET Framework

with 6 comments

Gampang-gampang susah install OMNeT++ di UNIX, banyak dependency yang harus ikut di install sehingga butuh UNIX yang programnya mudah didapat dan di-install. OMNeT++ ini butuh compiler C untuk eksekusi module dan NED (bahasa untuk membuat topology) dari aplikasi yang akan disimulasikan.  Selain itu juga dibutuhkan aplikasi untuk mem-plot grafik yang dihasilkan dan software untuk mencetak dan supporting gambar-gambarnya (device, dll).

Kemarin coba-coba install di Ubuntu 7.10, dari kondisi standar Ubuntu yang fresh saja banyak dependency yang dibutuhkan belum ter-install.  Untung kalo install di Ubuntu sudah cukup banyak dokumentasinya dari beberapa sumber, walaupun masih kurang disana-sini tapi lumayan membantu. 

Setelah coba sana-sini akhirnya ter-install juga, sample-nya dapat jalan dengan sempurna seperti bila di-install di lingkungan Windows (XP atau Vista). Nah kalau di-install di Windows bisa dan mudah, kenapa harus susah-susah install di UNIX? Karena di Windows saya coba install INET Framework tidak jalan (INET Framework: salah satu modul di OMNeT++) ketika compiler nya saya coba Visual C++, padahal INET ini bagian penting untuk simulasi Tugas Akhir saya. INET saya gunakan untuk simulasi jaringan berbasis paket dan TCP/IP.

Sebenarnya ada cara lain agar INET Framework itu bisa jalan di Windows, yaitu compiler-nya menggunakan Cygwin. Tapi tetap saja bila menggunakan Cygwin maka cara install modul-modul yang lain akan mirip bila beroperasi di lingkungan UNIX bahkan akan lebih susah cari dependency-nya. Di tambah lagi dokumentasi untuk install di Windows lebih jarang bila dibandingkan install di UNIX.

Yah karena masalah sudah selesai, sekarang nikmati dulu OMNeT++ via Ubuntu. Mungkin lain kali akan dicoba di Windows dan UNIX lainnya.

Written by rakhmawan

April 15, 2008 at 12:55 am

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. lho make OMNET sekarang?? Dynamips-nya dikemanain?

    fikriw

    April 20, 2008 at 12:39 am

  2. @fikriw

    dari dulu rencananya pake dua-duanya😀 . Masing-masing dengan fungsi yang berbeda..

    rakhmawan

    April 20, 2008 at 12:59 am

  3. Cara nginstallnya gimana? ada tutorialnya ga?

    agungsep

    April 25, 2008 at 10:44 am

  4. @agungsep

    kemarin.. install nya juga improvisasi sendiri.. lagi saya susun tutorial kecil-kecilannya. ntar kalo udah ada saya publish di blog..

    rakhmawan

    April 25, 2008 at 10:59 am

  5. […] saya juga mengalami hal yang sama dengan yang dialami rekan Hendra Rakhmawan.  Saya menemui kegagalan saat mencoba menginstall framework INET pertama kali. Tapi, berbeda […]

  6. susah instalnya gan!

    cara rooting android

    September 22, 2014 at 1:50 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: