Simplified

mulai dari yang paling sederhana

ditulis dulu atau diketik langsung

with 11 comments

Tiga hari pertama mulai ngeblog, saya tulis dulu apa yang akan diposting di buku harianku. Semuanya berjalan lancar, bahkan membuatku menjadi sangat suka menulis. Dalam satu hari, bisa menulis dua sampai tiga tulisan singkat tentang apa yang ada di pikiran.

Hari keempat karena sering bekerja menggunakan laptop, dicoba langsung mengetikkannya di laptop sekalian diposting tanpa menuliskannya terlebih dulu di buku harian. Awalnya cukup berjalan lancar pada hari itu, dua tulisan “selamat” dipasang diblog.

Nah, di hari kelima untuk ngeblog malah agak kehilangan semangat karena jenuh langsung menulisakannya di laptop. Padahal ada banyak yang pengen kutulis hari itu. Akhirnya di hari itu, tidak satupun aku menulis di blog.

Kesimpulannya bahwa menuliskannya di buku terlebih dulu lebih cocok buat saya bila ingin posting di blog. Hari ini, saya kembali menuangkan tulisan saya dulu di buku. Hasilnya isi pikiran lancar dituangkah di dalam tulisan. Ternyata walaupun dunia digital sudah sedemikian canggih memfasilitasi seseorang untuk mengungkapkan ide dan pikirannya. Dalam hal tulis-menulis, saya lebih nyaman menggunakan metode analog memakai pensil dan buku, karena bagi saya menulis dengan cara ini lebih nyaman dan manusiawi (sensenya ada).

Bagaimana dengan anda ? apakah pernah merasakan hal yang serupa ?

NB : tulisan ini saya tulis dulu di buku harian🙂

Written by rakhmawan

April 23, 2007 at 11:43 pm

Posted in Curhat

Tagged with , ,

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. pasti hendra sejak dulu suka nulis diary ya? yang pake gembok, trus kalau ada orang liat langsung disembunyiin🙂

    kalau aku nulis blog, aku tulis dulu di kompie, bukan di buku. sekarang aku dah jarang nulis di buku atau kertas, bahkan meminimalisisr penggunaan kertas, hehe… setidaknya mengurangi sampah.
    aku tulis di kompie baru aku copy ke blog. kalau nulis langsung di blog kadang kehabisan kata-kata. biasanya ideku muncul tiba-tiba dan aku lebih senang nulis di kosan, saat sendiri, bukan di tempat-tempat rame, kaya di kampus. nulis di kosan saat sendiri membuat ideku mengalir lancar dan aku pun bebas menulis tanpa ada yang menggangguku…

    rita

    April 24, 2007 at 7:50 pm

  2. hm,, mungkin saya tipe orang yang nggak kuat nulis lama-lama di komuter kali ya??? ide saya juga lebih sering muncul kalo lagi nyantai, kalo di depan komputer biasanya susah buat ngungkapin ide. Tapi kalo udah ditulis, ngetik dikomputer tinggal nyalin dan biasanya lancar sih

    rakhmawan

    April 24, 2007 at 9:47 pm

  3. Mantap… memang terkadang kita lebih suka melakukan sesuatu secara konvensional, dan belum terlalu siap dengan teknologi baru.

    Ketika dulu saya gemar membaca buku konvensional (buku cetak) dan sanggup melahapnya sampai habis, akan tetapi semenjak adanya buku pdf semangat baca saya tidak setinggi membaca buku konvensional, dan sangat sedikit buka yang saya baca sampai tamat.

    Tanya kenapa? (bingung juga …)

    dendireza.web.id

    April 25, 2007 at 12:26 am

  4. @dendireza : jangan-jangan udah jadi manusia digital tu mas🙂 , cuma 0 dan 1

    rakhmawan

    April 25, 2007 at 4:49 am

  5. Biasanya saya tulis di draftnya blog dulu, itu kalo misalnya isinya belom komplit. Tapi rata-rata langsung publish🙂

    Buku harian? Dulu pernah sih beberapa kali beli buku harian. Tapi tampaknya cara yg satu ini kurang cocok utk saya. Terbukti tuh buku2 harian cuma jadi pajangan di lemari buku..
    ^___^;

    Fathah

    July 8, 2007 at 8:10 pm

  6. kalo saya malah dah jarang nulis di buku mas
    yagh, nyadar saya kalo tulisan saya gak bagus😀

    tapi secara, lebih mudah pake com.
    bisa cepet keluar apa yang mo dikeluarkan🙂

    kuro-sama

    October 3, 2007 at 5:46 pm

  7. ayo dong, Dra.
    nge-blog lagi dong. nulis lagi.
    jangan berenti.😀
    *gerakan go Blog.

    -IT-

    irvan132

    November 27, 2007 at 11:25 pm

  8. Dra, pa kabar?

    Dulu sih saya nulis d kertas kl lagi dijalan atau ga bisa akses komputer. Tapi kalo ngeblog, langsung aja ketik..

    Kadang memang ada tulisan (beberapa) yang cuma jadi draft, kemudian ga di publish… begitu…

    Tapi ga apa2, bagus mau mengisi blog hanya dg yang bermanfaat… sip.

    Randy

    PS: Add blog saya d blogroll ya… Thx ^^

    Randy

    December 7, 2007 at 3:47 pm

  9. heu3,,klo ndin dulu emng suka nulis di diary,,,
    nulis sgala macem perasaan ndun di diary,,
    heu3,,,
    tp lama klamaan males juga,,,
    jadinya nulis sgala sesuatunya di notepad,,,
    kalo tentang ide siy,,,
    wa,,slalu ada ide untuk nulis di blog [meskipun kadang suka gak penting!]
    heu3,,tapi masalahnya skarang ndun jarang buka blog,,
    jadi ya semua kesave di kompie aja,,
    blm sempet di publish di blog,,,

    kadang pas mw ngpublish,,,
    e trnyt uda basi,,
    kyknya kondisinya uda gak pas klo diposting ke blog,,
    ya,,,akhirnya numpuk semua di kompie,,,
    heu3,,,
    entah mau diapakan,,,

    ndinndun

    March 4, 2008 at 4:14 pm

  10. lbh mudah n gampang ngetik diary dilaptop ckckkc

    eline

    February 3, 2010 at 10:01 pm

  11. langsung aja ketik bos

    bengkel JIP

    February 23, 2011 at 11:38 am


Leave a Reply

