Simplified

mulai dari yang paling sederhana

mental kuatkah?

with one comment

Seminggu terakhir ini, berita ditelevisi maupun di talkshow-talkshow serius ( bukan yang Tukul loh ini he,,,he,, pisss ^_^). Selalu menampilkan berita atau wacana tentang sistem pendidikan di IPDN buntut dari kematian seorang prajanya. Banyak pihak yang tidak terima dengan sistem pendidikan di sana, apalagi setelah melihat penggalan video yang memeperlihatkan bagaimana praja senior di sana memperlakukan para praja juniornya.

Di dalam video itu, tampak bahwa juniornya tidak melakukan tindakan sama sekali selain diam menahan sakit karena dihantam seniornya. Aneh,,, seharusnya sebagai manusia wajar diperlakukan seperti itu harusnya protes, minimal angkat bicara lah mengeluarkan argumentasinya bahwa mereka tidak mau diperlakukan seperti itu. Bila sistem seperti itu dijadikan alasan untuk mendidik mental mereka, saya pribadi sangat tidak setuju. Gimana mentalnya bisa kuat, menghadapi perlakuan semacam itu saja mereka tidak berani membela diri. Ntar kalo jadi pemimpin kurang bisa berpikir jernih, minimal berlaku adil sama diri sendiri. Saya jadi teringat 3 butir doktrin yang sangat tendensius, kalo nggak salah isinya seperti ini :

  • Senior selalu benar
  • Bila senior salah lihat pasal 1
  • Bila senior sangat2 salah lihat pasal 1 —- ( yang ketiga ini agak lupa, ada yang tau persisnya ?? )

Ya kalo ngelihat tiga pasal di atas, seorang junior yang masih polos dan kurang berani ya bisa aja pasrah sama apa yang dilakukan senior. Apalagi kalo seniornya bener-bener galak. Dilihat dari sudut demokrasipun ini tidak bisa diterima, dari segi mana ini bisa disebut demokrasi ?? Mungkin cara menyadarkannya adalah lewat pendidikan agama, yang menyadarkan bahwa masih ada kekuasaan yang lain dan hanya Dia lah yang patut menyombongkan diri. Manusia mah cuma makhluk-Nya,, yang cuma dikasih setitik kekuatan dan kecerdasan oleh-Nya, jadi nggak berhak sombong, apalagi memperlakukan makhluk lain dengan semena-mena. Menurut saya agama tetap menjadi kebutuhan pokok bila ingin membentuk mental seseorang supaya tangguh dan tahan banting. Bagaimana menurut anda?

Written by rakhmawan

April 19, 2007 at 6:46 am

Posted in Pendidikan, Sosial & Budaya

Tagged with

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. kuat binggiiitttsss laahhh

    artikel komputer

    September 22, 2014 at 1:22 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: