Simplified

mulai dari yang paling sederhana

dokumentasi,,, musuh atau teman?

with 2 comments

Dokumentasi ? mungkin inilah hal yang sangat penting dalam suatu running system tapi agak terlupakan. Saya sendiri masih kesulitan dalam melakukan dokumentasi. Ketika kita bekerja dalam lingkungan berbasis IT apalagi yang berbasiskan pelayanan, complaint pun akan sering datang. Ketika complaint itu datang, mau nggak mau harus segera diselesaikan apalagi kalau target layanannya ribuan orang dan termasuk layanan enterprise.

Ngoprek dan troubleshooting dadakan pun tak bisa lagi dihindarkan. Kalau sudah selesai, biasanya urutan-urutan langkah troubleshooting yang baru saja dilakukan pun kelupaan bila tidak segera didokumentasikan. Apalagi kalau kita bekerja dalam suatu sistem dinamis yang berubah dengan cepat. Dokumentasi sering kali ditinggalkan, dan nantinya akan menjadi masalah pelik di kemudian hari.  Minimal ini pengalaman saya pribadi loh,,,🙂

Apakah anda mengalami masalah yang serupa? Bagaimana langkah anda dalam menyelesaikan masalah ini? Atau adakah yang tau cara / trik jitu membuat proses dokumentasi begitu menyenangkan?

Written by rakhmawan

April 19, 2007 at 3:34 pm

Posted in Curhat, Serba-Serbi

Tagged with ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bisa karena biasa, tanpa dokumentasi pun kalo hal yang udah biasa kita lakukan akan bisa kita kerjakan.
    Akan tetapi ketika tiba pada hal yang baru atau kurang kita sukai kita harus mencatatnya.

    test delete aja

    dendi reza

    April 19, 2007 at 10:32 pm

  2. kalau kerja sendiri sih nggak masalah,, tapi yang bermasalah tuh kalau kita kerja dengan banyak orang dan nantinya turun temurun,,,
    Kalau ada dokumentasi kan yang bisa nggak hanya satu dua orang,,,🙂

    rakhmawan

    April 20, 2007 at 3:20 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: