Simplified

mulai dari yang paling sederhana

Menulis ato Mengetik

with one comment

Pernah ngerasa jenuh ato males nggak waktu mau ngetik buat postingan di blog?? beberapa hari ini aku merasakan hal seperti itu, ngetik di depan layar komputer menjadi agak jenuh dan membosankan padahal isi pikiran sangat ingin sekali ditumpahkan. Seorang temanku pernah bilang, kalau mau kerja di depan komputer itu sebaiknya kerjakan dulu layoutnya di kertas (kalau mau buat gambar / desaign) atau tulis dulu di buku / kertas ( buat tulisan ). Setelah aku pikir-pikir hal itu ada benarnya juga coz dari kecil kita sudah terbiasa mengungkapkan sesuatu dengan menulis.Masih ingat ketika waktu SD sering sekali disuruh membuat sebuah tulisan tentang pengalaman ketika liburan saat hari pertama masuk Cawu baru ( red-sekarang semesteran ).

Ya aku pikir esensi menulis blog juga tidak jauh berbeda dengan menulis cerita tentang pengalaman yang didapat selama masa liburan. Cuma bedanya adalah media cara penyampaiannya, kalo blog entrynya adalah dengan mengetik sedangkan untuk cerita seperti di atas entrynya dengan menuliskannya di atas kertas.

Menurut kodratnya manusia adalah makhluk analog yang lebih mudah bekerja dan menyesuaikan diri dengan hal-hal analog berbeda dengan robot atau komputer yang bekerja secara digital, mendapat input dalam bentuk digital. Menulis termasuk dalam kegiatan analog, coz ketika membentuk huruf A tangan kita akan bergerak membentuk huruf itu dari kumpulan titik menjadi kumpulan garis kemudian membentuk huruf A. Sedangkan kegiatan mengetik tidak demikian, huruf A akan terbentuk secara otomatis hanya dengan menekan tombol Shift+a. Sehingga ketika mengetik ada sense yang hilang, dalam hal ini adalah power yang merupakan ekspresi hati ketika mengungkapkan sesuatu ke dalam bentuk yang mudah dibaca.

Namun dalam era digital seperti ini dimana semua hal ingin dikerjakan secara digital dan cepat, manusia akan juga dituntut untuk menerima budaya mengetik tersebut. Sebagaimana anak TK yang mulai belajar menulis, kita nantinya juga harus belajar mengetik dengan baik (cepat dan benar).

Bagaimana dengan anda,, lebih baik mengetik atau menulis??

Written by rakhmawan

July 30, 2006 at 2:38 pm

Posted in Pendidikan

Tagged with ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. kynya si krg kerjaan bgt emg lo lg bt ya!

    nadin

    September 5, 2009 at 10:39 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: